Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Posted on by Alex

3 Wakil dari Britania Masuk Daftar Wasit Euro 2016

3 Wakil dari Britania Masuk Daftar Wasit Euro 2016

3 Wakil dari Britania Masuk Daftar Wasit Euro 2016 – Dalam kejuaraan Euro biasanya ada lima official yang akan dilibatkan. Official ini terdiri dari satu orang yang berada pada posisi wasit, 2 asisten wasit di lapangan dan dua asisten tambahan. Pada umumnya  kelima official dalam satu pertandingan akan berasal dari negara yang sama. Namun dalam kondisi Euro bisa saja ada percampuran negara dalam sebuah tim official. Keseluruhan official yang dilibatkan dalam pertandingan Euro belum muncul pada awal bulan ini namun kita telah bisa melihat 18 wasit utama yang dilibatkan dalam kompetisi Euro. Wasit tidak bisa dilibatkan dalam sebuah pertandingan yang melibatkan tim dari negaranya.

Kecuali dalam kondisi final dan semifinal wasit telah ditentukan 3 hari sebelum hari pertandingan. Wasit yang akan mengendalikan perjalanan final akan ditunjuk setelah babak semifinal berakhir. Pemilihan akan bergantung pada performa wasit sebelum babak semifinal. Wasit yang akan dilibatkan dalam permainan euro adalah Bjorn Kuipers dari Belanda, Carlos Velasco Carballo dari Spanyol, Clement Turpin dari Prancis, Cuneyt Cakir dari Turki, Damir Skomina dari Slovenia, Felix Brych dari Jerman, Jonas Eriksson dari Swedia, Mark Clattenburg dan Martin Atkinson dari Inggris, Milorad Mazic dari Serbia, Nicola Rizzoli dari Italia, Ovidiu Hategan dari Rumania, Pavel Kralovec dari Republik Ceko, Sergey Kasarev dari Russia, Svein Moen dari Norwegia, Szymon Marciniak dari Polandia, Viktor Kassai dari Hungaria, Willie Collum dari Skotlandia. Mark Clattenburg, Martin Atkinson, dan Willie Collum dari Skotlandia berhasil terpilih untuk menjadi wasit Euro 2016

Dulunya ketiga wasit tersebut pernah dilibatkan dalam Euro 2012 sebagai asisten tambahan. Ketiganya menjadi official dalam turnamen besar pertama mereka. Tidak ada orang dari Britania pernah menjadi wasit dalam kejuaraan final Euro semenjak Arthur Holland dan Arthur Ellis menjadi wasit pada dua pertandingan Euro pada tahun 1960 dan 1964. Inggris merupakan satu-satunya negara yang memberikan dua wasit. Nicola Rizzoli wasit dari Italia yang juga dilibatkan pada final Kejuaraan Dunia pada tahun 2014 juga termasuk kedalam daftar 18 orang ini.

Atkinson dan Clattenburg mendapatkan penghargaan atas performa mereka dalam pertandingan domestik, benua, dan internasional. Ini merupakan alasan untuk pemilihan wasit dalam daftar 18 orang ini. Dukungan yang akn diberikan oleh wasit lain yang berasal dari negara mereka tergolong penting. Ketua komite wasit FA dan anggota dari komite wasit UEFA yaitu David Elleray menyatakan bahwa UEFA memberikan pengecualian pada kesepakatan umum bahwa tidak ada negara yang akan mengirimkan lebih dari satu wasit dalam kejuaraan final Euro membuktikan bahwa Atkinson dan Clattenburg bukan wasit sembarangan bagi orang-orang yang terlibat dalam persepakbolaan Eropa.

UEFA bukan satu-satunya yang menghargai mereka, klub, pemain pelatih dan penonton juga menghargai mereka. Keduanya secara rutin menjadi wasit dari pertandingan besar dalam kejuaraan UEFA . Mereka juga mendapatkan perang penting dalam pertandingan Euro ketika Clattenburg menjadi wasit dalam pertandingan Norweigia melawan Hungaria dan Atkinson menjadi wasit dalam pertandingan Denmark melawan Swedia. Mereka telah menunjukkan penampilan yang menarik selama beberapa tahun dan hal ini telah dibuktikan dengan dilibatkannya mereka dalam pertandingan besar UEFA. Clattenburg pernah menjadi wasit dalam Piala Super UEFA di tahun 2014. Martin juga pernah dilibatkan dalam final liga Eropa pada tahun 2015.

Clattenburg dan Atkinson masing-masingnya akan memiliki tim official tambahan yang dibutuhkan oleh wasit. Jadi akan ada 10 official dari Inggris di Prancis dan FA akan memperbandingkan ketiga tim untuk memperebutkan hak mengikuti pertandingan final di Paris. Michael Oliver melanjutkan prestasinya dari penunjukan untuk menjadi wasit dalam pertandingan Piala dunia FIFA U17 menjadi bagian dari tim Official pada pertandingan Euro. Penujukan orang-orang dari daerah Britania ini untuk menjadi wasit dalam pertandingan besar ini tentu membuat semua orang di daerah itu merasa bangga. Mereka juga berharap bila tim Inggris tidak bisa mencapai final salah satu dari orang-orang tersebut bisa menjadi wakil kehormatan dari Inggris untuk hadir di final karena track record mereka sebagai wasit telah menghadiri banyak final.