Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Posted on by Alex

Evan Dimas Berpamitan untuk Bertandang ke Spanyol

Evan Dimas Berpamitan untuk Bertandang ke Spanyol

Evan Dimas Berpamitan untuk Bertandang ke Spanyol – Belum lama ini kabar terbaru datang dari mantan kapten Timnas Indonesia U-19 Evan Dimas Darmono, sosoknya terlihat menyambangi Kantor Kemenpora guna berpamitan sebelum ke Spanyol. Kepergian Evan ke Spanyol sendiri tidak lain adalah untuk bersekolah di Espanyol B hingga empat bulan kedepan. Sejak kiprahnya di Timnas Indonesia U-19 yang sangat cemerlang, pemain muda berbakat tersebut banyak dilirik oleh beberapa club termasuk Espanyol.

Cerita yang Melatar Belakangi Kepergian Evan Dimas ke Spanyol

Kunjungan Evan pergi ke Negeri Matador adalah dalam rangka program beasiswa dari Kemenpora dengan promotor olahraga, Nine Sports. Rencananya Evan Dimas akan bersekolah di Espanyol B selama 4 bulan. Beruntung mendapatkan kesempatan yang sangat diinginkan oleh banyak pemain ditanah air membuat Evan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dalam sebuah wawancara di Kantor Kemenpora Selasa (2/2/2016), Evan Dimas berjanji untuk menggunakan kesempatan tersebut dengan menimba ilmu dengan sebaik-baiknya. Lebih lanjut dia juga menambahkan bahwa mendapatkan ilmu dari proses belajar tersebut menjadi target pribadinya, namun jika ternyata dia mendapatkan kontrak maka itu adalah bonus.

Evan Dimas tidak sendiri pergi ke Spayol, bersama sang sahabat, Puguh rencananya pria yang akan memasuki usia 21 itu akan berangkat pada Selasa (2/2/2016) malam WIB. Sebelumnya Evan terlebih dahulu datang ke kantor Kemenpora guna bertemu Menpora, Imam Nahrawi. Selama berada di tempat itu Evan cukup banyak mendapatkan wejangan dan juga doa dari Iman Nahrawi untuk keberhasilan Evan Dimas selama berada di Benua Biru tersebut.

Langkah Evan Dimas ini juga mendapatkan dukungan dari CEO Surabaya United, Gede Widiade. Bahkan Gede pun ingin memberikan tempat bagi Evan untuk dapat meniti karier diluar negeri tanpa adanya yang dipersulit. Seperti yang diketahui bahwa pada saat ini Evan Dimas tercatat sebagai pemain Surabaya United.

Persiapan mutlak diperlukan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang masih asing. Begitu pula dengan Evan Dimas, saat ditanya mengenai persiapan sebelum bertandang ke Spanyol, gelandang tim Surabaya United tersebut mengatakan bahwa dirinya hanya mempersiapkan mental untuk dapat mengendalikan perbedaan kultur negara mengingat kedatangannya ke Spanyol adalah untuk belajar.

Perjalanan Sepakbola Evan Dimas di Kancah Internasional

Nama Evan Dimas menjadi ramai dibicarakan ketika didaulat menjadi kapten Timnas Indonesia U-19 dan berhasil membawa timnya itu meraih kemenangan pada laga AFF 2013  pada saat itu. Hingga saat ini nama Evan Dimas masih banyak dibicarakan sebagai salah satu pemain sepak bola muda berbakat yang dimiliki tanah air.

Dapat berkiprah dalam sepakbola berskala Internasional tentu menjadi kesempatan yang diinginkan oleh banyak pemain sepakbola di tanah air, termasuk Evan Dimas. Meskipun bukan menjadi target pribadinya namun jika permainan Evan Dimas dirasa bagus selama disekolahkan di Espanyol B selama empat bulan, maka bukan tidak mungkin klub Espanyol yang merupakan klub peserta La Liga itu akan mengontraknya.

Kepergian Evan Dimas ke Spanyol sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya, terhitung kunjungan ini adalah untuk yang ke dua kali. Sebelumnya pada pertengahan tahun 2015, Evan mencoba meningkat kemampuannya bersama Llagostera, hanya saja pemain yang mengidolakan club  Barcelona itu harus menyudahi kunjungannya ini dengan hasil yang kurang memuaskan karena Llagostera batal mengontrak bintang muda berbakat tersebut.Urungnya Evan Dimas bergabung dengan klub UE Llagostera disebabkan karena faktor teknik serta fisik. Walaupun gagal mendapatkan kontrak namun hal ini tidak membuat Evan patah arang, dia terus mengasah kemampuannya yang masih dianggap kurang pada saat itu.

Didunia yang sudah digelutinya sejak belia ini, Evan sudah banyak menorehkan banyak prestasi yang membanggakan. Selain dalam ajang AFF 2013, Evan juga pernah menjadi kapten di tingkat U-17 dan berhasil mengantarkan tim Garuda Muda memenangkan turnamen HKFA International Youth Invitation yang diselenggarakan di Hongkong pada tahun 2012. Evan Dimas juga pernah ditunjuk untuk mewakili Indonesia pada ajang pencarian bakat The Chance dan menjadi 1 dari 100 peserta yang beruntung untuk bisa dilatih oleh mantan pelatih Barcelona yaitu Pep Guardiola.